Smartphone

Spesifikasi dan Keunggulan Huawei P30

Ponsel seri P Huawei telah dikenal sebagai perangkat yang fantastis untuk fotografi, sebagaimana kepanjangan dari P, yaitu Photography, pada model ini. Dengan Huawei P30, perusahaan Huawei telah secara jelas menetapkan untuk membuat handset lain yang menjulang di atas persaingan dalam hal pengaturan kamera yang canggih.

Dirilis pada tanggal 26 Maret pada acara peluncuran di Paris bersama P30 Pro dan seluruh koleksi gadget lainnya, Huawei ingin P30 ini dapat merevolusi cara orang mengambil gambar dengan handset mereka. Dapatkah P30 memenuhi harapan pembuatnya tersebut?

Bocoran Huawei P30

Huawei membuat P30 dan P30 Pro tersedia segera di Eropa setelah diluncurkan pada 26 Maret 2019 lalu, tetapi tidak tersedia dimanapun selain itu. Hal tersebut menyebabkan banyak pembeli harus menunggu hingga 16 April untuk dapat mengambilnya di Australia. Tanggal tersebut berdekatan dengan tanggal rilis smartphone ini di Indonesia.

Kebocoran info terkait P30 sebelum bulan Maret 2019 lalu benar-benar tidak meninggalkan ruang untuk imajinasi. Pasalnya, bocornya informasi ini sekaligus membeberkan fitur utama unggulan pada smartphone ini yang menawarkan tiga kamera dengan zoom 10X. Huawei P30 akan hadir dengan pengaturan tiga kamera. Ponsel akan dapat memperbesar hingga 10X tanpa kehilangan detail.

Huawei P20 Pro tahun lalu menawarkan pengaturan tiga kamera pertama di dunia yang menawarkan zoom lossless hingga 5X dan kamera utama 40 megapiksel. Tahun ini, Huawei akan meluncurkan penggantinya pada tanggal 26 Maret dan menunjukkan P30 dan P30 Pro untuk mengalahkan pendahulunya dengan sistem kamera yang lebih maju.

Saat bocor oleh keterangan rahasia, renders menunjukkan standar P30 dan P30 Pro terbilang masih menempati kelas atas. Kedua ponsel ini terlihat identik tahun ini, dengan satu-satunya variasi terlihat pada kamera.

Kedua ponsel memiliki sistem tiga kamera di bagian belakang, diatur secara vertikal dalam urutan khas Huawei seri P. Desain keseluruhan lebih menyudut tahun ini, dengan ujung yang lebih tajam di sudut. Lekukan di tepi belakang berperan sebagai frame atau bingkainya.

Spesifikasi Huawei P30

Dalam hal ukuran, P30 merupakan contoh yang baik untuk mendefinisikan ponsel berukuran sedang, dengan dimensi 149.1 x 71.4 x 7.6mm dan berat 165 gram. Ukurannya hampir persis sama dengan Samsung Galaxy S10, hanya saja P30 sedikit lebih berat.

Bagian belakang dan depan ponsel dibalut dengan Corning Gorilla Glass, yang dikombinasikan dengan tepi bulat dan desain ramping memberikan P30 nuansa premium. Bagian atas dan bawah dari ponsel ini datar, dimana sisi-sisinya dibulatkan, dan bersama dengan kamera yang cukup menonjol di bagian belakang, dapat dikatakan membuat tampilan smartphone ini menjadi sedikit sub-premium.

Bagian bawah perangkat merupakan tempat untuk menampung port headphone USB-C dan port jack audio berukuran 3.5mm, sedangkan di sisi kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Kehadiran jack headphone ini sedikit mengejutkan mengingat Huawei P20 tidak memilikinya.

Huawei P30 cukup menonjol dari ponsel lain karena bodinya yang penuh warna. Hal ini karena ponsel besutan pabrik Huawei ini dihadirkan dalam berbagai desain gradien, sebut saja diantaranya Amber Sunrise (pada dasarnya oranye), Breathing Crystal (biru pucat), Aurora (biru lebih cerah), serta hitam standar dan model putih.

Layar OLED 6,1 inci membuat bagian depan ponsel ini cukup mengesankan. Sedikit batasan terlihat pada lekukan tetesan teardrop (notch) di bagian atas yang menaungi kamera yang menghadap ke depan. Layar pada ponsel ini memiliki resolusi 2340 x 1080 dan mendukung kemampuan Full HD+, sehingga memungkinkan untuk menghadirkan rentang kecerahan yang lebih besar dan warna yang lebih jelas.

Selanjutnya, kamera utama adalah bintang, dengan sudut lebar 40MP yang disebut penembak Super Spectrum yang menembak cahaya RYYB (merah, kuning, kuning, biru) alih-alih cahaya khas RGB (merah, hijau, biru), memungkinkannya untuk menangkap rentang warna yang lebih luas untuk gambar yang sangat detail sehingga, menurut Huawei, menjadikannya sangat bagus dalam kondisi kurang cahaya.

Selain itu ponsel ini memiliki kamera 16MP ultra lebar dan kamera telefoto 8MP yang cocok untuk fokus otomatis yang lebih tajam serta zoom optik 30x, memungkinkan Anda untuk melakukan zoom in secara sangat mendetail bahkan ke subjek yang terletak cukup jauh.

Terasa kurang lengkap, Huawei menambahkan kamera yang menghadap ke depan dengan kekuatan 32MP untuk selfie berkualitas tinggi.

Secara internal, sama sekali tidak ada yang kurang dengan Huawei P30. Diketahui bahwa ponsel pintar ini menggunakan chipset yang sama dengan P30 Pro yang notabenenya lebih mahal, yaitu octin-core 2.6GHz Kirin 980. Namun, tentu saja terdapat pemotongan, dimana RAM yang disediakan hanya 6GB dan didukung oleh penyimpanan 128GB yang berbeda.

Chipset ini merupakan yang terbaru dan terhebat dari jajaran produk Kirin yang dikembangkan sendiri oleh Huawei dan terdiri dari tiga CPU: satu CPU dual-core yang berjalan pada 2.6GHz, CPU dual-core yang berjalan pada 1.92GHz, dan CPU quad-core daya rendah yang berjalan di 1.8GHz – semua diproduksi dengan proses fabrikasi 8nm.

Faktanya, chip ini memberikan Huawei P30 sentuhan yang tajam, responsif, dan kinerja luar biasa di semua tolok ukur. Bahkan, karena P30 juga memiliki layar dengan resolusi yang sama dengan P30 Pro, angka rating yang dihasilkan oleh kedua ponsel ini cenderung hampir sama.

Keunggulan Huawei P30

P30 memiliki pengaturan kamera yang sangat kompeten yang lebih dari sekedar cukup untuk sebagian besar pengguna. Hal ini merupakan peningkatan apabila dibandingkan dengan P20 Pro. Dari perspektif perangkat keras, ada beberapa alasan untuk ini.

Alasan pertama, seperti yang telah beberapa kali disebutkan sebelumnya, Huawei mengutak-atik sensor 40 megapiksel untuk ditangkap menggunakan pengaturan piksel RYYB (merah, kuning, kuning, biru). Hal ini merupakan variasi pada pengaturan RGB konvensional (merah, hijau, biru) yang terlihat pada sebagian besar sensor kamera ponsel cerdas.

Perubahan tersebut tampaknya memungkinkan sensor menyerap lebih banyak cahaya, yang secara teori akan membantu meningkatkan kinerja pada kondisi kurang cahaya. Huawei rupanya juga banyak mengerjakan algoritma kamera dan menambahkan mode HDR+ bertenaga AI untuk lebih meningkatkan kualitas gambar saat memotret dalam kegelapan.

Pembeda utama lainnya yang diklaim Huawei adalah penambahan 3x optical zoom. Faktanya, zoom ini tidak bekerja dengan cara yang sama seperti sebuah zoom kamera DSLR yaitu zoom optik yang sebenarnya karena elemen kaca tidak bergerak. Hanya saja, lensa telefoto ketiga memiliki panjang fokus 80m yang dapat dipakai untuk menembak gambar yang jauh.Huawei P30 adalah opsi yang lebih terjangkau di jajaran telepon Huawei saat ini. Tetapi dengan P30 Pro yang menawarkan spesifikasi kamera yang lebih baik, layar yang lebih besar dan fitur-fitur utama, seperti pengisian daya nirkabel, apakah cukup untuk mengukir ruangnya sendiri di pasar gadget Indonesia? Andalah yang menentukan!

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *