Nokia, Smartphone

Spesifikasi dan Keunggulan Nokia 2.2

HMD telah meluncurkan tiga perangkat baru di belahan dunia tepatnya di India pada tahun 2019, yaitu Nokia 4.2, Nokia 3.2 dan Nokia 2.2. Ketiga ponsel ini termasuk dalam ponsel yang beranggaran rendah dan beberapa diantaranya merupakan pembaharuan atau penyempurnaan dari model tahun lalu. Seri 2.2 merupakan yang termurah di antara ketiga ponsel tersebut.

Berdasarkan peningkatannya, seri 2.2 dapat dikatakan sebagai tonjolan besar apabila dibandingkan dengan Nokia 2.1 tahun lalu. Sebab, bukan hanya desain yang mendapat perbaikan, tetapi juga bagian dalam atau hardware dan bahkan perangkat lunaknya.

Apabila Nokia 2.1 adalah ponsel Android Go, seri 2.2 hadir sebagai perangkat Android One. Dengan harga awal Rp 1.499.000, -, seri 2.2 terlihat menawarkan pengalaman Android Pie, beberapa kecerdasan AI dan penampilan modern. Tetapi akankah ia menawarkan daya tarik yang sama dengan saudara kandugnya yang lain? Berikut pembahasannya lebih lanjut.

Bocoran Nokia 2.2

Peluncuran smartphone HMD Global Oy untuk 2019 tampaknya menjadi sesuatu yang sedikit lambat untuk merek Nokia yang populer. Setelah memamerkan beberapa model di Mobile World Congress pada bulan Februari, ia merilisnya di pasar tertentu secara perlahan namun mantap. Salah satu rilisannya yaitu Nokia seri 2.2 adalah smartphone Nokia termurah yang bisa Anda dapatkan tanpa masuk ke dunia Android Go.

Menurut halaman produk smartphone ini, seri 2.2 terbuat dari bodi polikarbonat padat yang memiliki finishing yang mengkilap. Kenyataannya, seri 2.2 terlihat cukup menawan dengan bahan dan desain yang tidak biasa ini. Panel belakang Nokia seri 2.2 yang mengkilap tampak kokoh dan rapi di tangan meskipun mungkin anda ingin menambahkan casing pada bagian belakangnya.

Spesifikasi Nokia 2.2

Nokia seri 2.2 adalah ponsel ketiga dari HMD di India yang menampilkan tampilan yang mengusung konsep tetesan air atau waterdrop di bagian atasnya. Nokia memastikan bahwa notch waterdrop ini tidak akan mengganggu pengalaman menonton penggunanya.

Secara keseluruhan, bagian depan sangat mirip dengan Nokia 4.2, yang tentunya bukan merupakan hal yang buruk. Bezel di sekitar layar jauh lebih tipis dibandingkan dengan Nokia 2.1 yang dirilis tahun lalu dengan bezel atas dan bawah yang cukup tebal. Dengan mengurangi bezel, Nokia seri 2.2 dapat memuat lebih banyak tampilan dibandingkan dengan Nokia 2.1.

Bagian belakang Nokia seri 2.2 mirip dengan pendahulunya, yang mana dalam hal ini adalah shell plastik dengan finishing mengkilap. Namun, seri 2.2 tidak mendapatkan aksen kontrastik pada logo dan area di sekitar bingkai yang membuat Nokia 2.1 terlihat lebih simpel. Penutup belakang Nokia 2.2 juga dapat dilepas, memperlihatkan slot baterai dan kartu.

Menariknya, kali ini, HMD Global memungkinkan Anda mengeluarkan baterai sehingga Anda dapat menukarnya dengan yang lebih baru. Slot kartu yang mengapit modul kamera belakang dapat mendukung dua kartu SIM nano dan kartu microSD.

Secara keseluruhan, ponsel ini terasa kokoh dan beratnya cukup ringan sekitar 153 gram. Tombol volume dan daya ditempatkan di sebelah kanan dan tombol Google Assistant di sebelah kiri. Nokia seri 2.2 memiliki tebal 9.3mm, namun Anda masih dapat menggunakannya dengan satu tangan secara nyaman.

Seri 2.2 menampilkan layar HD + 5,7 inci (720×1520) dengan rasio aspek 19:9 dan tingkat kecerahan maksimum 400 nits. Layar tersebut menawarkan warna yang bagus yang terlihat dalam dan mengagumkan. Tingkat kecerahan ini tampak bagus saat berada di dalam maupun di luar ruangan.

Dengan resolusi 720p, Anda dapat menimati ketajaman yang cukup mumpuni saat menonton video atau bermain game. Tepi bergerigi dan pikselasi akan sangat sedikit terlihat saat streaming konten di Netflix atau YouTube.

Perangkat keras dan perangkat lunak Nokia 2.2 telah diupgrade dengan komponen yang cukup anyar. Nokia 2.1 tahun lalu ditawarkan dengan chipset Snapdragon 425 dengan 1GB RAM. Itu juga merupakan ponsel Android Go yang berjalan pada versi bercabang dari Android Oreo dengan aplikasi berbasis Go yang ringan dan kencang.

Nokia seri 2.2, di sisi lain, sekarang dibekali dengan chipset MediaTek Helio A22 yang sedikit lebih cepat dipasangkan dengan RAM 2GB atau 3GB. Bergantung pada opsi RAM, Anda akan mendapatkan 16GB atau 32GB penyimpanan internal. Selain itu, Android One sangat bagus untuk dilihat. Ini berarti telepon beroperasi pada perangkat lunak Android Pie lengkap dengan semua pernak-perniknya.

Dibuat dengan ukuran 12-nanometer, Helios A22 menawarkan empat core CPU ARM Cortex-A53 pada 2.0GHz. Unit pemrosesan grafis yang terpasang adalah PowerVR GE8320, yang akan terasa sedikit lebih responsif daripada Adreno 504 pada chip Snapdragon 429 Nokia 3.2.

Seri 2.2 adalah salah satu ponsel Android One paling terjangkau yang menggunakan Android Pie. Pengguna ditawarkan pengalaman Pie lengkap dengan fitur-fitur seperti Adaptive Display, Adaptive Battery dan gesture navigasi pie.

Kamera pada Nokia seri 2.2 terbilang cukup dapat bersaing mengingat harganya yang masih di bawah dua juta Rupiah. Satu kamera utama 13 megapiksel di bagian belakang dengan dukungan LED Flash dan kamera selfie 5 megapiksel dirasa sudah cukup mumpuni. Lebih dari itu, kamera dapat merekam gambar dan video dengan fitur-fitur seperti pengaturan AI, panorama, HDR, dan Google Lens.

Nokia 2.2 memiliki baterai 3.000 mAh yang cukup baik untuk ponsel yang menawarkan chipset berdaya tidak terlalu tinggi dan layar beresolusi menengah. Tidak banyak yang akan menguras baterai secara drastis, sehingga Nokia seri 2.2 akan dengan mudah bertahan sehari penuh dengan sekali pengisian daya.

Seri 2.2 menawarkan waktu siaga yang baik, yang membantu memperpanjang baterai. Kelebihannya pada baiknya baterainya tahan lama didukung oleh pengisian baterai Nokia seri 2.2 yang cukup maksimal. Ponsel ini membutuhkan waktu sekitar 3 jam untuk mengisi daya dari nol hingga 100 persen menggunakan pengisi daya 5W yang disertakan dengan kotak.

Keunggulan Nokia 2.2

Nokia seri 2.2 adalah ponsel Nokia paling dasar yang dapat Anda temukan saat ini yang ada di program Android One. Dan itu benar-benar daya tarik terbesar tentang perangkat ini. Smartphone ini adalah salah satu ponsel Android One yang paling terjangkau di pasaran gadget, yang berarti Anda tidak hanya mendapatkan perangkat lunak Android Pie terbaru, namun juga antarmuka dan kepuasan tersendiri.

Di luar pengalaman Androidnya, Nokia seri 2.2 adalah perangkat yang cukup dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. Tombol Google Assistant yang bermanfaat, kinerja yang pas secara keseluruhan dan kamera yang cukup dapat bersaing akan membuat smartphone ini cukup diminati.

Pada akhirnya, bagi konsumen yang menginginkan ponsel murah yang memberikan masa pakai baterai yang hebat, kualitas build yang solid, Android Pie yang bersih dan kemampuan untuk menukar baterai dan penutup, Nokia 2.2 merupakan pilihan yang tepat. Keputusan akhir tentunya berada di tangan anda sebagai konsumen. Tertarik untuk memilikinya?

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *