Samsung, Smartphone

Spesifikasi dan Keunggulan Samsung Galaxy A80

Perusahaan smartphone asal Korea ini sangat terkenal se-antero Indonesia bahkan terbilang mendunia. Tidak hanya mengutamakan kualitasnya tetapi juga berbagai fitur canggih yang dihadirkan. Awal tahun ini Samsung merilis seri terbaru yakni Samsung Galaxy A80.

Peluncuran ponsel ini untuk pertama kalinya dihebohkan oleh sebuah media massa resmi asal Bangkok, Thailand April 2019 yang lalu. Banya penggemar Samsung di Indonesia yang menunggu seri ini hadir. Berikut ini seputar bocoran Galaxy A80 serta spesifikasi dan keunggulannya, sangat ‘worth it’ untuk disimak.

Bocoran Samsung Galaxy A80

Dari laman resmi Samsung sendiri memberi sedikit bocoran bahwa Galaxy A80 merupakan lanjutan dan inovasi dari A Series Samsung. Kedatangan smartphone Samsung Galaxy A80 benar-benar dinanti masyarakat.

Berdasarkan kabar beredar Samsung Galaxy A80 menampilkan bentang layar setara dengan pendahulunya yaitu Galaxy A70. Selain itu, memiliki performa AMOLED HD+ yang terbentang pada layar 6,7 inch. Hal ini tentu saja membuat layar lebih lebar dan nyaman dilihat.

Resolusi layar disematkan kabarnya 1.080 x 2.400 piksel atau setara dengan full HD+ dan aspect ratio hingga 20:9. Pihak Samsung mengklain bahwa menggenggam seri ini lebih nyaman karena body yang slim terasa berukuran 5,5 inci.

Sementara itu, dari laman resmi Samsung sendiri menyebutkan bahwa sistem yang digunakan adalah Android 9.0 Pie terbaru. Sistem tersebut membuat Galaxy A80 lebih lancar digunakan dan performa aplikasi ditawarkan lebih tinggi.

Fitur kamera menjadi salah satu fokus utamanya. Konsep pop-up rotating kabarnya akan diaplikasikan pada seri ini. Menggunakan kamera pop-up inilah pengguna lebih lebih leluasa mengambil gambar karena kamera dapat berputar ke arah belakang maupun ke arah depan. Sangat unik bukan? Tentunya didukung dengan resolusi tinggi.

Pengguna smartphone Galaxy A80 ini akan dimanjakan dengan resolusi kamera 48 MP dan lensa bukaan f/2.0.  Kamera lainnya berbekal konfigurasi 8 MP dan lensa bukaan f/2.2, serta dilengkapi dengan fitur ultra-wide dan ToF 3D kamera.

Sangat direkomendasikan untuk pencinta gaming, anda akan dibuat nyaman dengan sensitivitas touch screen dan mampu meningkatkan skill. Batera yang tertanam juga mendukung karena berkapasitas besar yaitu 3700 mAh.

Samsung juga mengutamakan keamanan smartphone dan menjaga penampilannya lebih bersih. Tidak ditemukan display sensor sidik jari pada bagian bawah layar maupun cangkang smartphone. Akan tetapi didukung dengan fitur on screen finger print langsung pada layar.

Varian warna smartphone ini menawarkan tiga pilihan yaitu angle gold, ghost white, dan phantom black. Tampilan warna ponsel cerdas ini lebih mengkilap tetapi tidak terkesan norak.

Spesifikasi Samsung Galaxy A80

Spesifikasi Galaxy A80 sudah tersebar melalui beberapa media online maupun media sosial. Layar yang ditampilkan selebar 6,7 inci, membuat lebih leluasa bermain game, menonton, dan membuka aplikasi. Tidak hanya itu saja, Samsung juga membekali teknologi AMOLED dan resolusi Full HD+ pada layar.

Sementara itu, desain smartphone ini terlihat lebih elegan karena dilengkapi dengan bezel tipis. Tidak terlihat sama sekali punch hole ataupun poni dibagian depannya.  Tetapi lebih diinovasikan dengan kehadiran sistem slider untuk kamera depan dan kamera belakang.

Lebih spesifiknya Samsung Galaxy A80 ini memiliki konfigurasi kamera 3 kamera belakang yang sangat tinggi. Kamera utamanya memiliki resolusi 48 MP dan ukuran lensa f/2.0 dan dilengkapi dengan kamera beresolusi 8 MP dan lensa f/2.4 yang ultra-wide. Kamera ketiga yang tersematkan pada bagian belakang juga memiliki sensor Time of Flight.

Berbagai fitur yang disematkan kamera belakang ini membuat pengguna dapat menangkap foto dengan sudut lebih lebar. Didukung dengan fitur blur background dan beauty HD. Sementara itu, fitur  kamera bersensor Time of Flight cocok untuk menghasilkan efek bokeh lebih akurat. Berkat teknologi kamera pop-up yang dibekali Samsung, ketiga kamera belakang ini dapat berotasi dan menjadi kamera selfie depan.

Beralih kepada sektor pacunya, Samsung tidak ketinggalan membekali Galaxy A80 dengan chipset Qualcomm Snapdragon 7150. Merupakan chipset terbaik dikelanya dan mampu meningkatkan performa smartphone. Kapasitas penyimpanan RAM juga cukup memuaskan yakni 6GB dan 8 GB dengan memori internal hingga 128 GB.

Kombinasi dapur pacu yang prima tersebut membuat Samsung Galaxy A80 memiliki performa kencang dan maksimal saat menjalankan aplikasi maupun game. Selain itu, didukung juga dengan kapasitas baterai tergolong besar yakni 3700 mAh.

Sistem pengisian smartphone ini dibekali dengan input 25W dan teknologi fast charging. Sehingga membuat pengisian baterai lebih cepat kurang dari satu jam mencapi 100%. Keamanan dan privasi pengguna selalu diutamakan perusahaan smartphone ini.

Oleh karena itu Galaxy A80 juga dibekali sensor fingerprint langsung pada bagian layar. Fingerprint on-screen ini menambah tampilan body depan lebih elegan dan sexy. Sistem audionya juga menggunakan inovasi terbaru karena disematkan screen sound technology. Sehingga Galaxy A80 terlihat tidak menampilkan speaker secara fisik.

Keunggulan Samsung Galaxy A80

Samsung Galaxy A80 menawarkan beberapa keunggulan kelas borjuis yang layak diagung-agungkan. Keunggulan pertama yang menyita perhatian masyarakat bersumber dari teknologi kameranya yang sangat unik. Teknologi kamera Galaxy A80 disebut setara dengan kompetitor sekelas Oppo Find X dan Oppo N1.

Bagaimana tidak karena kemampuan sensor kamera bebas berotasi dan bergeser ke arah depan maupun belakang. Bahkan Samsung juga membekali Galaxy A80 dengan mekanisme slider, sehingga tersebut dapat muncul ke atas meskipun tidak berputar.

Usut punya usut, mekanisme slider kamera ini memiliki dua fungsi terhada kamera belakang sekaligus kamera depan. Kemampuan sensor kameranya juga tidak main-main karena dapat menangkap gambar HD, berbekal fitur ultra-wide, serta sensor 3D ToF.

Kamera dengan sensor 3D ToF tersebut sangat menarik karena dibekali juga fitur live focus, digunakan untuk mengambil gambar maupun video sangat bagus. Bahkan, berfungsi juga sebagai pengukuran dimensi objek dan kedalaman sensor.

Galaxy A80 juga mengusung keunggulan fitur  PDAF atau Phase Detection Auto Focus LED Flash. Hasil foto dan video sejernih viewing angle manusia. Sementara itu, terdapat pula fitur cerdas dari Scene Optimizer berkemampuan melakukan identifikasi 30 adegan. Serta dapat mendeteksi gangguan eksternal sebelum menekan tombol shutter.

Sepak terjang seri ini dalam fotografi memang sangat mempuni, apalagi membuat hasil seperti fotografer profesional. Video terekam juga seolah-olah terlihat didepan mata karena resolusi HD+. Anti guncangan dan dapat merekam video sambil berjalan. Samsung seri Galaxy A80 sangat recommended untuk para vlogger maupun travel vlogger.

Keunggulan Galaxy A80 ini juga menggunakan wireless charging, membuat pengisian daya dalam jarak terjauh 7 meter. Kecepatan pengisian daya baterai juga tidak main-main karena dianggap terbaik dibandingkan merek lain.

Daya tidak cepat habis dan dapat standby hingga 24 jam. Sementara itu, brand Samsung sendiri sudah teruji kualitasnya dan anti banting. Anda tidak perlu khawatir apabila melewati hujan maupun terkena cipratan air karena dilapisi sistem alumuniun canggih tetapi tidak waterproof.

Artikel Menarik Lainnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *